1. Pengertian Pendidikan
Batasan
tentang pendidikan yang berbeda berdasarkan fungsinya:
a. Pendidikan sebagai proses transformasi budaya
b. Pendidikan
sebagai proses pembentukan pribadi
c. Pendidikan
sebagai proses penyiapan warga negara
d. Pendidikan
sebagai penyiapan tenaga kerja
2. Unsur-unsur Pendidikan
- Subyek yang dibimbing (peserta didik)
Ciri
khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah :
v
Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis
yang khas
v
Individu yang berkembang
v
Individu yang membutuhkan bimbingan individual
dan perlakuan manusiawi.
v
Individu yang memiliki kemampuan mandiri.
- Orang yang membimbing (pendidik)
Pendidik
adalah orang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran
peserta didik.
- Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
Interaksi
edukatif adalah komunikasi timbal balik antar peserta didik dengan pendidik
yang terarah kepada tujuan pendidikan.
- Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
Tujuan
pendidikan memiliki 2 fungsi yaitu :
Memberikan
arah kepada segenap kegiatan pendidikan
Sesuatu
yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan
- Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
Dalam
sistem pendidikan persekolahan, materi
diramu dalam kurikulum yang akan disajikan sebagai pencapaian tujuan.
- Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
Alat
pendidikan dibedakan atas :
S
Yang bersifat preventif, yaitu yang bermaksud mencegah terjadinya hal-hal yang
tidak dikehendaki misalnya : larangan, pembatasan, peringatan dan hukuman
S
Yang bersifat kuratif, yaitu : yang bermaksud memperbaiki, misalnya : ajakan,
contoh, nasihat , dsb
- Tempat di mana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)
Lingkungan
pendidikan biasa disebut tri pusat pendidikan yaitu : keluarga, masyarakat dan
sekolah.
3. Pendidikan sebagai sistem
Sistem
mencakup beberapa hal sebagai berikut :
v
Sistem merupakan suatu kesatuan yang
terstruktur
v
Kesatuan tersebut terdiri dari sejumlah komponen
yang saling berpengaruh
v
Masing-masing komponen mempunyai fungsi
tertentu dan secara bersama–sama melaksanakan tugas.
4.
Keterkaitan Pendidikan dan Pengajaran
|
Pengajaran
|
Pendidikan
|
|
Lebih menekankan pada penguasaan wawasan dan
pengetahuan tentang bidang/program tertentu
|
Lebih menekankan pada pembentukan manusianya
(penanaman sikap dan nilai-nilai)
|
|
Makan waktu yang lebih pendek
|
Makan waktu yang relatif panjang
|
|
Metode lebih bersifat rasional dan teknis
praktis
|
Metode lebih bersifat psikologis dan
pendekatan manusiawi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar