Rabu, 06 Mei 2015

HAKIKAT PENDIDIKAN



1.      Pengertian Pendidikan
Batasan tentang pendidikan yang berbeda berdasarkan fungsinya:
a.       Pendidikan sebagai proses transformasi budaya
b.      Pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi
c.       Pendidikan sebagai proses penyiapan warga negara
d.      Pendidikan sebagai penyiapan tenaga kerja

2.      Unsur-unsur Pendidikan
  1. Subyek yang dibimbing (peserta didik)
Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah :
v  Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas
v  Individu yang berkembang
v  Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.
v  Individu yang memiliki kemampuan mandiri.

  1. Orang yang membimbing (pendidik)
Pendidik adalah orang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik.

  1. Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
Interaksi edukatif adalah komunikasi timbal balik antar peserta didik dengan pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan.

  1. Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
Tujuan pendidikan memiliki 2 fungsi yaitu :
Memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan
Sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan

  1. Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
Dalam sistem  pendidikan persekolahan, materi diramu dalam kurikulum yang akan disajikan sebagai pencapaian tujuan.

  1. Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
Alat pendidikan dibedakan atas :
S  Yang bersifat preventif, yaitu yang bermaksud mencegah terjadinya hal-hal yang tidak dikehendaki misalnya : larangan, pembatasan, peringatan dan hukuman
S  Yang bersifat kuratif, yaitu : yang bermaksud memperbaiki, misalnya : ajakan, contoh, nasihat , dsb 

  1. Tempat di mana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)
Lingkungan pendidikan biasa disebut tri pusat pendidikan yaitu : keluarga, masyarakat dan sekolah.

3.      Pendidikan sebagai sistem
Sistem mencakup beberapa hal sebagai berikut  :
v  Sistem merupakan suatu kesatuan yang terstruktur
v  Kesatuan tersebut terdiri dari sejumlah komponen yang saling berpengaruh
v  Masing-masing komponen mempunyai fungsi tertentu dan secara bersama–sama melaksanakan tugas.
  
4.      Keterkaitan Pendidikan dan Pengajaran

Pengajaran
Pendidikan
Lebih menekankan pada penguasaan wawasan dan pengetahuan tentang bidang/program tertentu
Lebih menekankan pada pembentukan manusianya (penanaman sikap dan nilai-nilai)
Makan waktu yang lebih pendek
Makan waktu yang relatif panjang
Metode lebih bersifat rasional dan teknis praktis
Metode lebih bersifat psikologis dan pendekatan manusiawi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar